Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk
mengetahui kegiatan periklanan di Hotel Serela Merdeka Bandung, keputusan pembelian tamu serta seberapa besar pengaruh yang diberikan periklanan terhadap keputusan pembelian tamu di Hotel Serela Merdeka Bandung.
Jenis penelitian menurut pendekatan yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, sedangkan menurut tingkat eksplanasi yang digunakan merupakan penelitian asosiatif. Dari data kuesioner yang diperoleh kemudian diolah dengan bantuan software SPSS 20.0 menghasilkan nilai rata-rata 2,5258 untuk periklanan yang berarti kurang dan nilai rata-rata 2,5780 untuk keputusan pembelian tamu yang juga dinilai kurang.
Hasil analisis menggunakan Rank Spearman menunjukan bahwa adanya pengaruh yang cukup kuat antara periklanan terhadap keputusan pembelian tamu di Hotel Serela Merdeka Bandung. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 53,29% yang menunjukan bahwa periklanan memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 53,29%, sedangkan sisanya sebesar 46,71% merupakan faktor lain yang tidak diteliti penulis, sebagai contoh lokasi hotel yang strategis ataupun kualitas pelayanan yang diberikan.