dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kecerdasan emosional dan kinerja karyawan pada bagian Housekeeping Department di The Imperium International Hotel Bandung serta pengaruh kecerdasan emosional dan kinerja karyawan bagian Housekeeping Department.
Kecerdasan emosional dan kinerja saling berkaitan satu sama lain, karena dengan karyawan mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi akan memahami apa fungsi dan perannya dalam suatu perusahaan. Pada akhirnya, para karyawan yang cerdas emosional akan sadar untuk mencapai potensi penuh mereka dan juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki, meningkatkan kinerja dan produktivitas mereka.
Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Pengujian dilakukan dengan menggunakan korelasi Rank Spearman dan korelasi determinasi, dimana variable dependen (Y) adalah Kinerja Karyawan yang diidentifikasi dengan delapan dimensi yaitu Quantity of Work (Y1), Quality of Work (Y2), Job Knowledge (Y3), Creativeness (Y4), Cooperation (Y5), Dependability (Y6), Initiative (Y7), Personal Qualities (Y8), sedangkan variable independen (X) adalah Kecerdasan Emosional (EQ) yang diidentifikasi dengan lima dimensi yaitu Pengenalan Diri (X1), Pengelolaan Diri (X2), Motivasi Diri (X3), Empati (X4), kemampuan menjalin relasi (X5). Sampel yang digunakan adalah 18 karyawan pada bagian Housekeeping Department.
Hasil pengujian menggunakan korelasi Rank Spearman menemukan bahwa secara bersama – sama variable kecerdasan emosional (EQ) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil analisis yang di dapat berupa nilai r = 0,734 atau sebesar 73,4% artinya adalah adanya hubungan antara kecerdasan emosional dan kinerja kuat dan juga bersifat positif ataupun sangat significant. Besarnya kontribusi untuk variabel kecerdasan emosional terhadap kinerja Housekeeping Department yang didapat dari hasil determinasi sebesar 53,87%, faktor lain sebesar 46,13% merupakan kontribusi dari faktor – faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.
Rekomendasi yang disarankan oleh penulis ialah pihak manajemen untuk selalu menerapkan kecerdasan emosional kepada karyawan di dalam operasional, agar kinerja karyawan khususnya di Housekeeping Department menghasilkan kinerja yang baik dan karyawan yang produktif untuk mencapai target perusahaan.
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kinerja |
en_US |