Repository

KUALITAS PELAYANAN PEMANDUAN EKOWISATA DI TAMAN NASIONAL TANJUNG PUTING KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT KALIMANTAN TENGAH

Show simple item record

dc.contributor.author Endang Komesty Sinaga, Bambang Sapto Utomo
dc.date.accessioned 2019-09-13T10:46:38Z
dc.date.available 2019-09-13T10:46:38Z
dc.date.issued 2014-04
dc.identifier.issn 1907-1299
dc.identifier.uri http://repository.stp-bandung.ac.id//handle/123456789/465
dc.description.abstract Potensi sumber daya alam, peninggalan sejarah, seni dan budaya merupakan daya tarik yang sangat besar bagi wisatawan domestic dan mancanegara. Salah satu yang keunggulan tersebut adalah Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati dan ekowisata oleh karena itu konsep ekowisata dinilai cocok untuk dikembangkan di Indonesia. Ekowisata merupakan wisata yang berbasis alam dan di dalamnya meliputi pendidikan, konservasi serta adanya rehabilitasi bagi binatang satwa seperti orangutan. Salah satu objek ekowisata di Indonesia terdapat di Kalimantan Tengah yaitu Taman Nasional Tanjung Puting ( TNTP ). Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan baik domestic maupun mancanegara sudah terlihat sejak tahun 2006 hingga Juli 2012. Jumlah ini didominasi oleh wisatawan mancanegara. Berkembangnya ekowisata di Indonesia tidak terlepas dari peran pemandu ekowisata yang bersentuhan langsung dengan wisatawan dalam memberikan pelayanannya. Pemandu ekowisata adalah orang yang memimpin grup wisatawan, membuat wisatawan mengerti mengenai budaya dan sejarah alam dari lingkungan. Dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan seorang pemandu wisata dituntut untuk bisa memiliki kemampuan yang berkualitas dalam memandu wisatawannya. Dimensi pelayanan yang digunakan adalah bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa seluruh aspek kualitas pelayanan yang dinilai secara langsung oleh wisatawan dengan hasil observasi peneliti berbanding terbalik. Pada dasarnya wisatawan tidak mempermasalahkan kualitas pemandu ekowisata di Tanjung Puting, namun yang menjadi kendala adalah kurangnya kemauan dan motivasi pemandu untuk meningkatkan kualitas dalam memandu. Oleh karena itu, melalui penelitian ini, untuk meningkatkan kualitas pemanduan pemandu ekowisata, peneliti memberikan rekomendasi berupa program kerja yang dapat diterapkan oleh asosiasi pemandu wisata, kerjasama dengan travel agent, dan menetapkan aturan-aturan ataupun tata tertib sehingga dalam pelaksanaan pemanduan lebih baik. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Resort dan Leisure Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia 2014 en_US
dc.relation.ispartofseries VOL. 11, NO. 1;
dc.title KUALITAS PELAYANAN PEMANDUAN EKOWISATA DI TAMAN NASIONAL TANJUNG PUTING KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT KALIMANTAN TENGAH en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search STPB Repository


Browse

My Account