Repository

Pelaksanaan Promosi Anggota ASITA Jawa Barat dalam Menghadapi Tren Online Travel Agent

Show simple item record

dc.contributor.author Utami, Dwiesty Dyah
dc.date.accessioned 2018-08-28T04:35:47Z
dc.date.available 2018-08-28T04:35:47Z
dc.date.issued 2017-07-01
dc.identifier.issn 2356-1602
dc.identifier.uri http://repository.stp-bandung.ac.id//handle/123456789/372
dc.description.abstract Beberapa tahun terakhir, munculnya pasar elektronik online mengubah secara dramatis industri perjalanan wisata (Shapiro & Shi, 2008). Selain itu, munculnya teknologi informasi dan komunikasi mendorong pariwisata ke saluran online. Pemasok dan perantara sekarang berjuang dalam persaingan sengit untuk menjual jasa mereka melalui e-commerce (Vilarinho, 2014). Hal ini menuntut ASITA dan anggotanya dapat menghadapi tren online travel agent, salah satunya dengan melaksanakan promosi yang berhubungan dengan perkembangan tren digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan teknik analisis statistik deskriptif dan alat analisis skala Likert, serta didasari teori Lupiyoadi & Hamdani tentang bauran promosi jasa. Teknik pengumpulan data kuesioner, wawancara, studi pustaka, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 193 travel agent dan seluruh konsumen yang datang ke travel agent anggota ASITA Jawa Barat di Kota Bandung pada tanggal 17-28 Oktober 2016. Adapun sample penelitian adalah 270 konsumen dan 18 travel agent anggota ASITA. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa konsumen individu sangat berminat dengan promosi penjualan, hubungan masyarakat dan informasi dari mulut kemulut. Sedangkan konsumen corporate berminat pada penjualan perorangan dan pemasaran langsung. Sehingga anggota ASITA dapat berfokus mengoptimalkan bauran promosi yang sangat diminati konsumen dan ASITA dapat menciptakan portal nasional yang berisi komparasi travel agent anggota ASITA Jawa Barat. en_US
dc.publisher Unit Bahasa Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung en_US
dc.subject Promosi, ASITA, Online Travel Agent en_US
dc.title Pelaksanaan Promosi Anggota ASITA Jawa Barat dalam Menghadapi Tren Online Travel Agent en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search STPB Repository


Browse

My Account