Repository

Kontribusi Kompetensi Dosen Terhadap Kecerdasan Emosi Mahasiswa

Show simple item record

dc.contributor.author Suherlan, Herlan
dc.date.accessioned 2017-05-06T12:58:47Z
dc.date.available 2017-05-06T12:58:47Z
dc.date.issued 2017-05-06
dc.identifier.uri http://repository.stp-bandung.ac.id/handle/123456789/247
dc.description.abstract HERLAN SUHERLAN 1) Menurut pengamatan tidak sedikit pengajar/dosen yang datang untuk mengajar tidak melakukan persiapan, malah ada yang hanya bertanya kepada mahasiswanya tentang pelajarannya yang telah diajarkannya. Di lain pihak ada pula pengajar yang hanya memberikan sejumlah bahan ajar dengan tidak mengindahkan apakah bahan itu dapat difahami mahasiswanya atau tidak, yang penting bahan ajar selesai diberikan. Jaman sekarang, pengajar bukan satu-satunya sumber informasi. Semestinya, seorang dosen harus berperan sebagai fasilitator mahasiswa dalam belajar dan mampu memotivasi mahasiswanya untuk berprestasi tinggi. Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa guru/dosen mempunyai wewenang untuk membangkitkan motif pada diri siswa/mahasiswa. Untuk berkonsentrasi mengikuti kuliah/belajar di kelas atau di luar sekaligus membangkitkan semangat belajar dalam mencapai tujuan belajar yang diharapkan. Studi ini mengkaji bagaimana kompetensi dosen yang mengajar di Prodi Administrasi Perhotelan dan kecerdasan emosi pada jurusan yang sama, serta keterkaitan antar variable yang terkait. Dengan demikian, penelitian ini akan mengkaji tentang: (1) gambaran umum kompetensi dosen Prodi Administrasi Perhotelan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung; (2) gambaran umum kecerdasan emosi mahasiswa Prodi Administrasi Perhotelan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung; dan (3) Kontribusi kompetensi dosen Prodi Administrasi Perhotelan terhadap kecerdasan emosi mahasiswa Prodi Administrasi Perhotelan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksplanasi (explanatory research) dengan pendekatan surveyeksplanatory. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengambilan sampel secara sistematis (systemic sampling), yaitu pengambilan sampel dimana unsur pertama saja dari sampel dipilih secara acak, sedangkan unsur-unsur selanjutnya dipilih secara sistematis menurut pola tertentu (Singarimbun 1989: 159). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Korelasi Berganda yang dilanjutkan dengan penghitungan koefisien jalur (path analysis). Selain itu, dalam penelitian ini juga menggunakan teknik perbandingan dengan menggunakan analisis varian (ANAVA). Beberapa temuan penelitian diantaranya: (1) Kompetensi dosen Prodi Administrasi Perhotelan STP Bandung dalam proses pembelajaran yang meliputi dimensi pedagogik, professional, kepribadian, dan dimensi social, secara keseluruhan ataupun berdasarkan dimensi-dimensinya termasuk kategori baik menurut persepsi mahasiswa; (2) Kecerdasan emosi mahasiswa Prodi Administrasi Perhotelan STP Bandung pada umumnya termasuk kategori tinggi; dan (3) Kompetensi pedagogik, profesional, dan kepribadian memberikan pengaruh (positif) yang signifikan terhadap Kecerdasan emosi mahasiswa, masing-masing sebesar 5,3956 %, 15,6391 %, dan 0,0655 % satuan. Sedangkan kompetensi sosial memberikan pengaruh (negative) namun tidak signifikan terhadap kecerdasan emosi mahasiswa, yaitu sebesar -0,2196 % satuan. Kata Kunci : Kompetensi, Kecerdasan, Pendidikan Kepariwisataan en_US
dc.subject Pendidikan en_US
dc.title Kontribusi Kompetensi Dosen Terhadap Kecerdasan Emosi Mahasiswa en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search STPB Repository


Browse

My Account