Repository

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Wisatawan Asing Dalam Memilih Destinasi Pariwisata

Show simple item record

dc.contributor.author Suherlan, Herlan
dc.date.accessioned 2017-05-06T12:52:33Z
dc.date.available 2017-05-06T12:52:33Z
dc.date.issued 2017-05-06
dc.identifier.uri http://repository.stp-bandung.ac.id/handle/123456789/245
dc.description.abstract HERLAN SUHERLAN 1) Pemilihan destinasi wisata asing yang berkunjung ke Jawa Barat selama kurun waktu 3 (tiga) bulan mencapai Rp. 2,6 Milyar, atau rata-rata pengeluaran per orang sekitar Rp. 6,4 juta (BI Kanwil IV Jabar, 2013). Dari informasi ini, perlu dilakukan suatu kajian lebih lanjut tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi wisatawan asing dalam melakukan pembelian selama berada di Jawa Barat, sehingga diperoleh informasi yang bermanfaat dalam hubungannya dengan perencanaan pariwisata (tourism planning), dimana ketersediaan informasi dari berbagai dimensi sangat diperlukan sebagai landasan pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran profil wisatawan asing, mengetahui ada tidaknya pengaruh profil yang meliputi: usia, jenis kelamin, tujuan berkunjung, frekuensi berkunjung, lama tinggal, partner perjalanan, dan jenis akomodasi yang digunakan terhadap pemilihan Jawa Barat sebagai destinasi untuk dikunjungi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif (deskriptif verifikatif), yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang gambaran profil wisatawan asing, mengetahui ada tidaknya pengaruh profil yang meliputi: usia, jenis kelamin, tujuan berkunjung, frekuensi berkunjung, lama tinggal, partner perjalanan, dan jenis akomodasi yang digunakan terhadap pemilihan Jawa Barat sebagai destinasi untuk dikunjungi. Data yang dioperoleh, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik-teknik analisis statistik deskriptif dan Multiple Classification Analysis (MCA). Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa hubungan antara variabel prediktor dalam penelitian ini (Usia Wisman, Jenis Kelamin, Main Purpose, Frekuensi Berkunjung, Length of Stay, Traveling Partner, dan Variabel Kind of Accomodation) dengan Variabel Pemilihan Jawa Barat sebagai destinasi untuk dikunjungi memiliki hubungan yang lemah, dengan besar pengaruh total sebesar 16,90 %. Sedangkan sebesar 83,20 % variabel Pemilihan destinasi wisata dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel Usia Wisman, Jenis Kelamin, Main Purpose, Frekuensi Berkunjung, Length of Stay, Traveling Partner, dan Variabel Kind of Accomodation en_US
dc.subject Destinasi Pariwisata en_US
dc.subject Tourist Behavior en_US
dc.title Faktor-faktor yang Mempengaruhi Wisatawan Asing Dalam Memilih Destinasi Pariwisata en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search STPB Repository


Browse

My Account