Repository

Faktor-faktor Penentu Perilaku Advokasi Pengunjung di Pangandaran Provinsi Jabar

Show simple item record

dc.contributor.author Suherlan, Herlan
dc.date.accessioned 2017-05-06T12:26:17Z
dc.date.available 2017-05-06T12:26:17Z
dc.date.issued 2017-05-06
dc.identifier.uri http://repository.stp-bandung.ac.id/handle/123456789/240
dc.description.abstract HERLAN SUHERLAN 1) Pada era sekarang ini mengelola loyalitas terhadap merek (Branding) tidak cukup, tetapi harus disatukan dengan konsep pengalaman (Experience). Apalagi dikaitkan dengan bisnis pariwisata, pengalaman sudah merupakan produk yang generic dibutuhkan oleh wisatawan (Smith and Wheeler, 2002:x). Penelitian ini bertujuan untuk menemukenali faktor-faktor penentu perilaku advocacy pengunjung di Pangandaran. Dengan diperolehnya informasi tentang factor-faktor penentu perilaku advokasi, penelitian ini akan bermanfaat bagi semua stakeholder pengelola destinasi khususnya di Pangandaran dalam mengelola destinasi, sehingga wisatawan bukan hanya puas selama berada di destinasi, tetapi juga wisatawan secara tidak langsung turut berpartisipasi memasarkan dan menjaga nama baik destinasi kepada semua pihak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex-post facto, karena dalam penelitian ini tidak melakukan manipulasi terhadap variabel penelitian. Penelitian ini didisain dengan rancangan penelitian survai (survey) yang melibatkan para wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mendorong teman/kerabat untuk memilih produk dan membicarakan hal positif tentang Pangandaran merupakan indicator yang memiliki skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan dua indicator lainnya yang membentuk perilaku advokasi wisatawan; (2) Keeratan hubungan variabel turut membela produk ketika ada pernyataan negatif tentang Pangandaran terhadap faktor yang terbentuk sebesar 0,771 artinya hubungan variabel turut membela produk ketika ada pernyataan negatif terhadap faktor yang terbentuk erat; (3) Keeratan hubungan variabel merekomendasikan produk sebesar 0,721 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara variabel merekomendasikan produk dengan variabel faktor yang terbentuk erat; dan (4) Factor dominan pertama yang mempengaruhi perilaku advokasi adalah turut membela produk ketika ada pernyataan negative. Sementara itu factor dominan kedua adalah merekomendasikan produk dan membicarakan hal positif tentang produk. en_US
dc.subject Kepariwisataan en_US
dc.subject Tourists en_US
dc.title Faktor-faktor Penentu Perilaku Advokasi Pengunjung di Pangandaran Provinsi Jabar en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search STPB Repository


Browse

My Account