Repository

Pengaruh Online Travel Agent Terhadap Travel Agent Konvensional di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author ANDYKA DZULFIQAR, RAFIF
dc.date.accessioned 2016-10-25T06:43:12Z
dc.date.available 2016-10-25T06:43:12Z
dc.date.issued 2016-10-24
dc.identifier.uri http://stp-bandung.net/repository/handle/123456789/216
dc.description.abstract Keberadaan online travel agent (OTA) dalam dua tahun terakhir ini cukup berdampak pada penjualan travel agent (konvensional) yakni terjadi penurunan hingga 40%. Keadaan tersebut didukung dengan agent-agent airlines yang sudah bisa menjual tiketnya secara langsung (directly) sehingga menyebabkan pergeseran lapangan pekerjaan terutama untuk travel agent yang hanya khusus menjual tiket. Secara definisi online travel agent merupakan poin penyedia kontak melalui World Wide Web (WWW) untuk memungkinkan pelanggan mencari dan memilih harga penerbangan serta jadwal yang tepat, yang kemudian dipesan dan diberikan oleh OTA. Karena kemunculan OTA tersebut, maka terjadi pergeseran peran travel agent konvensional dimana OTA telah mereduksi peran-peran mereka sebagai travel agent tradisional. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 65 travel agent konvensional yang menjual tiket pesawat anggota ASITA DPD-Jabar di Kota Bandung. Sampel dalam penelitian ini 56 travel agent konvensional dengan teknik pengumpulan data kuisioner dan kajian pustaka. Hasil dari penelitian ini bahwa penilaian travel agent konvensional terhadap karakteristik online travel agent disimpulkan baik dilihat dari karakteristik produk tiket pesawat dan dinilai sudah layak sebagai e-commerce di Indonesia. Kemudian karena kemunculan online travel agent inilah telah merubah peran travel agent tradisional secara signifikan sehingga travel agent mengalami penurunan pendapatan dari penjualan tiket pesawat mereka terutama untuk travel agent skala kecil. Travel agent konvensional dalam hal ini perlu inovasi dengan adanya kemunculan online travel agent salah satunya adalah kemunculan konsep ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan. ASITA DPD-Jabar sebagai instansi hukum industri perjalanan pun harus mampu mengembangkan kapasitas kemampuan anggotanya agar tetap bisa bersaing dalam dunia bisnis perjalanan. Kata Kunci: online travel agent, e-commerce, travel agent tradisional en_US
dc.subject Teknologi & informasi en_US
dc.title Pengaruh Online Travel Agent Terhadap Travel Agent Konvensional di Kota Bandung en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search STPB Repository


Browse

My Account