Repository

Pengaruh Event Terhadap Pengambilan Keputusan Berkunjung KE anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah

Show simple item record

dc.contributor.author Pramestyan Jani, Nintia
dc.date.accessioned 2016-10-25T06:26:03Z
dc.date.available 2016-10-25T06:26:03Z
dc.date.issued 2016-10-24
dc.identifier.uri http://stp-bandung.net/repository/handle/123456789/213
dc.description.abstract Taman Mini Indonesia Indah merupakan taman bertema budaya yang merangkum 33 kebudayaan bangsa Indonesia menjadi satu wilayah. Salah satunya adalah Anjungan Jawa Timur yang memberikan gambaran kecil dan memperkenalkan kebudayaan dari Provinsi Jawa Timur, dengan cara menyelenggarakan pagelaran seni / event di tiap minggu, bulan ataupun event yang diadakan tiap tahunnya. Diketahui pada bulan Januari dan Februari terjadi penurunan dan kembali terjadi penurunan pengunjung pada akhir tahun yaitu pada bulan November dan Desember. Penelitian ini dimaksud untuk melihat apakah event yang diselenggarakan oleh pihak Anjungan Jawa Timur dapat mempengaruhi pengambilan keputusan berkunjung para wisatawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda, yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena event yang diselenggarakan oleh pihak Anjungan Jawa Timur. Variabel event yang yang akan di analisis dalam penelitian ini adalah festive spirit, uniqueness, authenticity, tradition, quality, hospitality, theming, dan symbolism. Dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 120 kuesioner kepada para pengunjung event pagelaran seni di Anjungan Jawa Timur dan di olah menggunakan SPSS 21. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, dan uji hipotesis pelaksanaan event (festive spirit, uniqueness, authenticity, tradition, quality, hospitality, theming, dan symbolism) terhadap pengambilan keputusan berkunjung, dapat disimpulkan bahwa dilaksanakan dengan baik. Tetapi apabila dilihat pada hasil uji hipotesis secara parsial bahwa variabel event yang berpengaruh besar adalah hospitality, theming, uniqueness, dan tradition. Meskipun begitu apabila diuji secara simultan bahwa variabel event berpengaruh besar terhadap pengambilan keputusan berkunjung dengan nilai Fhitung (22,013) > Ftabel (2,02) dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah 4 dimensi yang berpengaruh terhadap pengambilan keputusan berkunjung yaitu hospitality, theming, uniqueness, dan tradition. Maka rekomendari yang dapat diberikan adalah untuk meningkatkan 4 dimensi event yang tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan, dan meningkatkan seluruh dimensi event agar wisatawan mau berkunjung kembali ke event pagelaran seni yang diadakan oleh pihak Anjungan Jawa Timur. Kata kunci: Event, Pengambilan Keputusan Berkunjung en_US
dc.subject Financial and Accounting en_US
dc.title Pengaruh Event Terhadap Pengambilan Keputusan Berkunjung KE anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search STPB Repository


Browse

My Account