Abstract:
PT. Swa Buana Pratama merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang jasa pengiriman barang melalui angkutan udara dari bandara asal menuju ke bandara tujuan atau yang kemudian dikenal dengan istilah cargo. Jasa pengiriman barang melalui angkutan udara memang memiliki keunggulan dibandingkan dengan angkutan transportasi lainnya, namun harga yang harus dibayar oleh konsumen akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan jasa pengiriman barang dengan alat tranportasi lainnya. Pada awal tahun 2016 lalu PT. Swa Buana Pratama menaikan tariff jasa pengiriman barang mereka, hal ini disebabkan karena maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang bekerja sama dengan perusahaan ini selalu memperbaharui tariff angkut mereka secara berkala setiap tahunnya. Penetapan harga yang terus menerus mengalami perubahan inilah yang membuat perusahaan harus selalu melakukan penyesuaian penetapan harga yang baru kepada para konsumen, hal inilah yang menjadi alasan peneliti untuk melakukan penelitian mengenai metode penetapan harga jasa cargo di PT. Swa Buana Pratama. Teori yang digunakan oleh peneliti adalah teori mengenai metode penetapan harga dari Kotler dan Keller (2009). Teknik analisis yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskripif dan rumus perhitungan harga markup pricing, target return pricing dan going rate pricing. Bahwa semua wawasan ini akan menghasilkan kesimpulan dan rekomendasi terkait metode penetapan harga di PT. Swa Buana Pratama.
Kata Kunci: Cargo, Air Cargo, Harga, Metode Penetapan Harga.