Abstract:
Kampung Gajah adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di jalan Sersan Bajuri, Lembang, Bandung, Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia. Kampung Gajah menerapkan konsep tiga wisata, yaitu Wisata Kuliner, Wisata Belanja dan Wisata Permainan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui btingkat kualitas pelayanan dan kepuasan wisatawan di Kampung Gajah. Kemudian mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari lima dimensi, yaitu Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Kepastian, Kepedulian terhadap kepuasan wisatawan di Kampung Gajah dengan menggunakan teknik analisis Regresi Linier Sederhana dengan alat bantu SPSS. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi lapangan dan penyebaran kuesioner terhadap 150 responden.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kualitas pelayanan di Kampung Gajah adalah cukup, sedangkan tingkat kepuasan wisatawan adalah tidak baik, dikarenakan salah satu dimensi yaitu Bukti Fisik masuk ke dalam kategori tidak baik. Oleh karena itu, Kampung Gajah perlu memperbaiki bukti fisik yang ada. Kemudian untuk besaran pengaruh, kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 53,7% secara signifikan terhadap kepuasan wisatawan di Kampung Gajah.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wisatawan, Regresi Linier Sederhana