Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh social media terhadap keputusan berkunjung wisatawan nusantara ke DKI Jakarta. Penelitian kuantitatif dengan metode analisis deskriptif dilakukan kepada 150 wisatawan nusantara yang sedang berkunjung ke DKI Jakarta dengan menggunakan teknik accidental sampling.
Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan Path Analysis atau Analisis Jalur untuk melihat hubungan antara social media dengan keputusan berkunjung wisatawan. Dengan variabel independen yaitu social media (X), dan variabel dependen yaitu keputusan berkunjung wisatawan nusantara (Y).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social media berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan nusantara ke DKI Jakarta. Hasil estimate menunjukan bahwa social media memberikan kontribusi sebesar 38,1% terhadap keputusan berkunjung wisatawan nusantara ke DKI Jakarta.
Kata Kunci: Social Media, Keputusan Berkunjung, Wisatawan Nusantara