Abstract:
Kawasan Sentra Industri Sepatu Cibaduyut (KSISC) menjadi salah satu tempat belanja di Kota Bandung. KSISC merupakan salah satu pusat kegiatan wisata belanja sepatu kulit di Kota Bandung. KSISC tidak hanya terkenal di sekitar Provinsi Jawa Barat saja, melainkan terkenal hingga ke kalangan wisatawan mancanegara.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penilaian kinerja terhadap KSISC dengan menggunakan teknik analisis Balance Scorecard melalui 3 perspektif, yaitu perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan studi lapangan, yaitu observasi, kuisioner dan wawancara.
Hasil penelitian ini adalah penilaian kinerja destinasi di KSISC terhadap 3 perspektif. Perspektif pelanggan yang berupa kepuasan wisatawan atas produk, harga, pelayanan, nilai tambah dan kemudahan mendapatkan produk menunjukan rata-rata puas. Perspektif bisnis internal yang menunjukan bahwa masih sangat kurangnya inovasi yang telah dilakukan karena terbatasnya modal yang ada. Serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yang menunjukan bahwa telah cukupnya ketersediaan motivasi, informasi, dan keterlibatan yang ada namun perlu ditingkatkan lagi agar dapat terpeliharanya pelayanan yang baik.
Kata Kunci : KSISC, Kinerja Destinasi, Balance Scorecard