dc.description.abstract |
Promosi penjualan merupakan intensif jangka pendek untuk meningkatkan pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa. Promosi penjualan yang dilakukan oleh Giggle Box Cafe and Resto Setiabudhi Bandung berupa diskon, voucher, undian berhadiah, dan free product dengan kententuan yang berlaku. Berdasarkan uraian tersebut, maka perlu untuk lebih mempelajari hubungan antara promosi penjualan dengan keputusan pembelian.
Penulis menggunakan metode penelitian dengan alat pengumpulan data berupa wawancara terstruktur, observasi, kuesioner dan penelaahan kepustakaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan purposive sampling, kemudian hasil pengolahan data menggunakan korelasi Rank Spearman. Hasil analisis penelitian menunjukkan: 1) promosi penjualan yang dilakukan sudah cukup baik 2) keputusan pembelian yang dilakukan konsumen sudah cukup baik. Promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan total kontribusi sebesar 67,4%, sedangkan sisanya sebesar 32,6% dipengaruhi oleh faktor lain seperti advertising, public relation, personal selling, dan direct marketing yang tidak diteliti oleh penulis.
Maka daripada itu, penulis memberikan saran yaitu pengoptimalisasian promosi penjualan yaitu memajang informasi mengenai promosi penjualan di tempat yang strategis, memberikan alat promosi penjualan yang lebih bervariasi, dan membedakan menu makanan reguler dengan menu makanan promosi penjualan. Pengaruh ini telah diuji dengan penggunakan uji korelasi rank spearman dan didapatkan bahwa promosi penjualan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian secara signifikan
Kata kunci: Promosi penjualan, Keputusan pembelian, Pengaruh. |
en_US |