Repository

PENGARUH PEMASARAN KERELASIAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI SUGAR TRIBE PATISSERIE BANDUNG

Show simple item record

dc.contributor.author Ramadhani, Syafiera
dc.date.accessioned 2016-10-25T02:58:05Z
dc.date.available 2016-10-25T02:58:05Z
dc.date.issued 2016-10-24
dc.identifier.uri http://stp-bandung.net/repository/handle/123456789/194
dc.description.abstract Pemasaran merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam mempertahankan keberlanjutan suatu usaha yang memiliki peran untuk memperkenalkan, mempromosikan, dan pertukaran produk yang bernilai. Tingkat pembelian yang dilakukan oleh pelanggan dipengaruhi berbagai hal, mulai dari produk yang berkualitas, pelayanan yang baik, dan bahkan fasilitas-fasilitas penunjang lainnya. Hal diatas juga harus didukung oleh penyampaian dan komunikasi yang baik kepada pelanggan. Komunikasi dengan pelanggan ini harus dipertahankan dan dipelihara dengan baik agar dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal ini dapat dipertahankan dengan melaksanakan dan mengaplikasikan Pemasaran Kerelasian Pelanggan (Customer Relationship Marketing). Pemasaran Kerelasian Pelanggan adalah pemahaman, penjelasan, dan hubungan kerjasama yang sedang berlangsung antara penyedia produk dan pelanggan. Sedangkan loyalitas pelanggan merupakan keputusan secara sukarela dari pelanggan terhadap suatu produk yang menghasilkan pembelian ulang secara konsisten dalam jangka waktu yang lama. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian asosiatif, yaitu rumusan masalah penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antar dua variabel atau lebih, dimana teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan juga pembagian angket kepada responden yang merupakan pelanggan dari Sugar Tribe Patisserie. Hasil yang didapatkan oleh peneliti adalah pemasaran kerelasian pelanggan dengan loyalitas pelanggan memiliki korelasi yang cukup kuat, yaitu sebesar 0,718 dengan menggunakan rumus koefisien korelasi Pearson. Serta dengan rumus koefisien determinasi, pengaruh yang ditimbulkan oleh pemasaran kerelasian pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, didapat sebesar 51,55%. Maka daripada itu, peneliti memberikan saran yaitu pengoptimalisasian program pemasaran kerelasian pelanggan yang diberlakukan guna mencapai target loyalitas pelanggan. Pengaruh ini telah diuji dengan penggunakan uji korelasi rank spearman dan didapatkan bahwa pemasaran kerelasian pelanggan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan secara signifikan. Kata kunci : pemasaran kerelasian pelanggan, loyalitas pelanggaan, pengaruh en_US
dc.subject Marketing en_US
dc.title PENGARUH PEMASARAN KERELASIAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI SUGAR TRIBE PATISSERIE BANDUNG en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search STPB Repository


Browse

My Account