Abstract:
Green Hotel merupakan tren pariwisata saat ini, oleh karena itu Novotel Bandung turut serta dalam menerapkan program green hotel tersebut. Dalam penerapan konsep green hotel, dibutuhkan peran manajemen guna mengoptimalkan sistem atau konsep yang sudah dibangun serta peran serta seluruh karyawan untuk turut menerapkan program-program green hotel. Fungsi manajemen planning, organizing, actuating dan controlling juga perlu diterapkan guna mengoptimalkan fungsi daripada program yang dicanangkan.
Nyatanya dalam penerapannya masih ditemukan banyak karyawan Novotel Bandung yang belum turut menerapkan program green hotel yang dicanangkan. Kesadaran karyawan dalam menerapkan program green hotel yang dicanangkan juga belum dapat dikatakan baik. Pengawasan yang dilakukan manajemen pun dinilai masih kurang, Novotel Bandung belum menerapkan langkah-langkah pengawasan, serta sanksi bagi karyawan yang tidak turut serta menerapkan program green hotel pun belum dijalankan. Apresiasi dari Novotel Bandung bagi karyawan yang konsisten menerapkan program green hotel dengan baik pun tidak dimiliki.
Dari data yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa Novotel Bandung belum menerapkan langkah-langkah pengawasan dengan baik yang mengakibatkan banyaknya karyawan yang tidak menerapkan program green hotel. Penulis menyarankan agar manajemen Novotel Bandung menerapkan langkah- langkah pengawasan dengan membuat penetapan standard program dan metode penilaian pelaksanaan program green hotel, menjalankan penilaian program green hotel, membandingkan penerapan dengan standar serta melakukan tindakan koreksi jika terdapat kesalahan.
Kata kunci : pengawasan, green hotel, penerapan